Tambah Penghasilan Saat Pandemi: Inilah 4 Usaha Sampingan Berpeluang Besar

Tambah Penghasilan Saat Pandemi: Inilah 4 Usaha Sampingan Berpeluang Besar

November 19, 2020 0 By Admin

Sudah menjadi rahasia umum bila semua perusahaan memiliki kendala perputaran bisnis di kala Pandemi Covid-19 ini melanda. Terlebih lagi, pandemi ini sudah berjalan hampir 1 tahun dan belum menemukan titik terang penyelesaiannya.

Akankah Anda bertahan dengan kondisi yang serba tidak pasti ini? Upah yang harus terpangkas, jam kerja yang mulai tidak penuh, atau harus berkali-kali dirumahkan tanpa kejelasan dari perusahaan. Memutuskan berhenti dari pekerjaan juga merupakan risiko bagi Anda.

Karena itu, solusi tepat untuk tetap bertahan di masa pandemi dengan kondisi keuangan yang stabil adalah memanfaatkan peluang usaha lain atau menjalankan usaha sampingan. Meski usaha sampingan merupakan solusi terbaik untuk menambah penghasilan, Anda juga harus cerdik membaca peluang usaha yang ada.

Berikut ini 4 rekomendasi usaha sampingan berpeluang besar yang bisa Anda terapkan sebagai usaha sampingan yang menghasilkan di masa pandemi ini.

1. Membuka bisnis kuliner
Bisnis kuliner merupakan bisnis yang cukup fleksibel dan pasti dibutuhkan setiap masyarakat. Anda dapat mengambil peluang dan kebutuhan dari masyarakat di era pandemi ini. Kalian bisa melakukan survei untuk menentukan bisnis kuliner yang pasti dibutuhkan masyarakat.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, bisnis kuliner yang berpeluang adalah makanan sehat, olahan rumah, makanan cepat saji, frozen food, dan kuliner lain yang mengedepankan kepraktisan atau kesehatan. Anda dapat memulainya dengan minim modal.

Misal menggunakan jasa titip atau sistem pre-order, hingga membuka toko offline kecil untuk memasok kebutuhan kuliner tiap harinya.

2. Usaha terkait kebersihan
Seperti apakah usaha ini? Tentu saja masih ada kaitannya dengan era new normal di masa pandemi Covid-19 ini. Orang saat ini sangat peduli dengan kesehatannya dan berusaha bertahan dan menghindari virus Covid-19.

Semua hal terkait protokol kesehatan akan menjadi sebuah kebutuhan yang akan selalu dicari. Anda bisa memulai bisnis terkait kebersihan ini seperti menjual sabun, tempat cuci tangan, masker, face shield, dan berbagai aksesoris penunjang untuk menjaga kesehatan masyarakat dari pandemi ini.

3. Menyediakan jasa pengerjaan tugas
Cukup asing di telinga bukan? Namun bisnis ini sangat berpeluang besar. Semua orang di masa pandemi Covid-19 ini dalam keadaan yang serba sulit. Sekolah online yang harus melibatkan orangtua secara langsung juga membebani orangtua yang masih harus bekerja dan mendampingi anaknya sekolah daring.

Alhasil, mereka membutuhkan bantuan untuk membantu pekerjaan rumah bagi para siswa. Hal ini juga berlaku bagi mereka para karyawan yang melakukan work from home. Mereka bisa memanfaatkan penyedia jasa pengerjaan tugas yang meringankan beban kerja mereka.

Anda bisa memilih jasa pengerjaan tugas yang paling relevan dengan kemampuan Anda.

4. Bisnis sembako
Bisnis ini terbilang tidak ada matinya. Meskipun kondisi dalam keadaan terhimpit dan sulit, sembako merupakan bahan pokok yang pasti dibutuhkan oleh banyak orang. Mau tidak mau, masyarakat akan membeli sembako untuk menyambung hidup.

Anda bisa memulai dari kebutuhan sembako paling dasar seperti: beras, minyak goreng hingga gula dalam jumlah atau stok yang minim.

Bagaimana dengan 4 ide usaha sampingan di atas? Anda bisa mencoba memulai usaha sampingan di atas yang menurut Anda paling mudah direalisasikan. Namun perlu diingat, saat Anda mulai membuka usaha sampingan maka pastikan untuk menggunakan mesin kasir dan barcode scanner untuk mempermudah proses transaksi Anda.

Selain itu, aplikasikan strategi bertahan untuk bisnis pemula di masa pandemi ini.