Tak Hanya Mencegah Pencuri, Ini 5 Fungsi Alarm Yang Jarang Diketahui

Tak Hanya Mencegah Pencuri, Ini 5 Fungsi Alarm Yang Jarang Diketahui

Februari 3, 2020 0 By Admin

Apa yang terlintas pertama kali di pikiran Anda, tentang smart alarm yang terpasang di rumah atau kantor?
Tentunya, Anda menganggapnya sebagai sistem keamanan yang mencegah datangnya pencuri bukan?
Namun ternyata ada fungsi lain dari smart alarm yang tidak diketahui banyak orang. Sehingga penggunaan smart alarm terbilang minim di kalangan masyarakat, padahal sistem keamanan satu ini memiliki banyak fungsi yang menguntungkan.

Inilah 5 fungsi smart alarm yang jarang diketahui masyarakat:

1. Mencegah terjadinya arus pendek listrik
Mungkin yang akrab di telinga masyarakat tentang smart alarm adalah fungsinya untuk mendeteksi bahaya akibat kebakaran.  Padahal ada fungsi lain yang bisa mencegah terjadinya kebakaran, yakni melakukan kontrol pada alat elektronik melalui ponsel.

Salah satu penyebab kebakaran adalah akibat arus pendek listrik. Pada smart alarm sendiri, sebenarnya bisa dilengkapi aksesori smart socket.
Dengan smart socket, Anda bisa menyalakan atau mematikan alat-alat elektronik dari jarak jauh melalui ponsel. Selain mencegah terjadinya kebakaran, alat ini bisa membantu Anda untuk hemat listrik dengan mengontrol penggunaan daya dari alat-alat elektronik.

 

2. Mengirim notifikasi di ponsel
Bunyi dari panel smart alarm memang menandakan sebuah bahaya.
Setiap sinyal berbahaya yang ditangkap smart alarm akan diinformasikan dengan bunyi atau notifikasi di ponsel.

Namun, tidak banyak orang tahu bahwa smart alarm dilengkapi dengan remot SOS (kode morse internasional yang mengartikan tanda bahaya).
Misal, remot ini dipegang oleh salah satu anggota keluarga di rumah (kakek, nenek, anak atau anggota lainnya). Mereka bisa menekan remot SOS jika merasa dalam kondisi berbahaya, untuk memberikan informasi kepada keluarganya yang sedang tidak berada ditempat.

 

3. Mendeteksi genangan air
Bukan hanya tindakan pencurian yang bisa memicu suara di panel smart alarm. Namun, ketika ada air yang meluber atau banjir melebihi batas normal, smart alarm bisa mendeteksi dengan cepat. Meski berada di tempat lain, notifikasi kejadian ini akan Anda terima di ponsel.

Anda  juga bisa menentukan jarak ketinggian air yang dianggap berbahaya. Sehingga sensor yang bekerja mendeteksi luapan air ini, bisa merespon dan mengirimkan peringatan.

 

4. Mendeteksi gas beracun
Pastinya, tidak ada yang ingin ada gas beracun di dalam rumah atau kantornya. Namun, faktanya banyak musibah keracunan carbon monoksida (CO) yang terjadi di dalam rumah atau kantor.

Hal ini bisa terjadi karena kebocoran gas seperti tabung LPG di ruangan dengan ventilasi minim. Selain itu, gas beracun bisa berasal dari kendaraan bermotor yang kerap dinyalakan di dalam rumah atau ruangan dengan ventilasi terbatas.

Akibatnya, bisa terjadi sesak napas akut hingga kematian mendadak karena keracunan pada orang di sekitarnya.
Ini adalah salah satu fungsi dari sensor dari smart alarm yang jarang diketahui masyarakat.

 

5. Pantau keadaan rumah dari ponsel secara visual
Bukan hal yang tidak mungkin, jika Anda ingin mengawasi kondisi rumah dimana pun dan kapan pun melalui ponsel.

Cukup melengkapi smart alarm dengan IP camera, Anda akan merasa aman. Mengapa demikian? Karena, ketika meninggalkan rumah atau kantor, Anda masih bisa tetap memantaunya dari jarak jauh.

 

Bagi Anda yang sudah memiliki smart alarm, baiknya gunakan fungsi alarm ini dengan maksimal. Namun bagi Anda yang masih berpikir ulang menggunakan smart alarm, dengan berbagai fungsi ini mungkin akan membuat Anda menjadi lebih yakin untuk menggunakan smart alarm sebagai sistem keamanan yang tepat.