Pandemi Masih Berlangsung? 4 Strategi Ini Buat UMKM Tetap Bertahan

Pandemi Masih Berlangsung? 4 Strategi Ini Buat UMKM Tetap Bertahan

Oktober 19, 2020 0 By Admin

Banyak yang berasumsi bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah sektor bisnis yang sulit bertahan di tengah pandemi Covid-19. Sebagian besar UMKM memilih untuk menghentikan proses penjualan dan produksi dikarenakan kerugian yang terus menerus terjadi. Namun, ada pula UMKM yang masih bertahan atau bangkit dari kelesuan bisnis yang menimpanya.

Sebenarnya, ada strategi atau tips bagi UMKM untuk terus bertahan di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai ini. Berikut 4 strategi yang harus diterapkan pelaku UMKM agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19:

1. Pahami perubahan perilaku konsumen
Kondisi pandemi Covid-19 tentunya membawa perubahan besar pada gaya hidup masyarakat, termasuk perubahan pada perilaku konsumen. Sebagian dari konsumen kini telah mengubah perilaku konsumsinya.

Konsumen saat ini, cenderung membeli barang sesuai kebutuhan. Oleh karena itu UMKM diharuskan berinovasi dan meyakinkan konsumen, bahwa produk yang Anda jual adalah sebuah hal yang dibutuhkan. Rajin memberi edukasi tentang manfaat dan kepentingan konsumen memiliki produk Anda adalah kunci dari semua ini.
Jangan takut untuk mengubah sedikit sesuai dengan perubahan perilaku konsumen dan gencar melakukan pemasaran serta edukasi produk agar penjualan produk semakin lancar.

2. Perluas jangkauan pasar
Mengingat aktivitas penjualan tidak bisa dilakukan secara normal di masa pandemi, pemasaran digital merupakan hal yang paling efektif dan mudah dilakukan. UMKM dapat melakukan pemasaran dengan mudah seperti melalui sosial media, maupun di e-commercial.

Memanfaatkan berbagai platform penjualan online akan membuat Anda memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Bila konsumen lokal Anda berkurang, maka saatnya Anda mengembangkan usaha di berbagai lokasi dengan jangkauan yang lebih luas. Caranya? Aplikasikan penjualan online dan Digital Marketing.

3.Perbaiki perencanaan anggaran
Evaluasi perencanaan anggaran pada bisnis Anda. Evaluasi perencanaan anggaran ini merupakan langkah yang tepat untuk menghindari risiko kerugian yang semakin besar. Anda bisa melakukan pengaturan ulang pada jumlah modal usaha dan pengeluaran yang dilakukan untuk masa produksi.

Anggaran ini juga akan berkaitan dengan perencanaan produk baru yang berhubungan dengan kebutuhan atas perubahan perilaku konsumsi mereka. Karena itu, kejelian dalam mengulang atau memperbaiki perencanaan anggaran ini sangat berkaitan dengan inovasi produk yang menguntungkan di masa pandemi.

4. Optimalkan bantuan pemerintah
UMKM yang kesulitan bangkit, tentunya mendapat sorotan dari pemerintah Republik Indonesia. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan bantuan terhadap UMKM. Hal ini bertujuan untuk membantu produksi UMKM tetap berjalan dengan baik dan bertahan di tengah pandemi.

Sebagai pelaku UMKM, Anda harus jeli terhadap berbagai bantuan dari pemerintah ini. Pastikan Anda menjadi salah satu penerima bantuan yang pantas dan berhak mengelolanya. Setelah memastikan diri mendapatkan bantuan, maka langkah selanjutnya adalah mengelolanya dengan maksimal.

Bila Anda merupakan pelaku UMKM, maka sebaiknya aplikasikan 4 strategi ini untuk mempertahankan bisnis di tengah pandemi. Tidak ada hal yang tidak mungkin, bila kita mencoba memperbaiki situasi dengan cara kerja keras dan konsisten.

Bertahan sebagai pelaku usaha di tengah perekonomian yang sulit memang bukan hal yang mudah, namun strategi yang dikombinasikan dengan inovasi serta kemutakhiran teknologi akan membuat bisnis Anda semakin kuat. Mengingat teknologi dan perangkat bisnis zaman sekarang memiliki harga terjangkau dengan fitur dan manfaat yang tak kalah menggiurkan.

Jangan ragu untuk mempelajari produk pendukung untuk kelancaran usaha Anda!