Menjadikan Tombol DEPT Sebagai Shortcut Untuk Tombol Input Kode SPLU Di Mesin Kasir

Menjadikan Tombol DEPT Sebagai Shortcut Untuk Tombol Input Kode SPLU Di Mesin Kasir

Februari 27, 2019 0 By Admin

Terkadang ada beberapa item barang yang paling banyak dibeli oleh pelanggan. Jika item barang tersebut didaftarkan di SPLU, tentu cukup merepotkan jika Anda harus memasukkan kode SPLU barang tersebut satu persatu saat melakukan transaksi (Tapi hal ini tidak jadi masalah jika Anda menggunakan barcode scanner). Untuk memudahkan dalam memasukkan kode SPLU, Anda bisa menggunakan tombol DEPT sebagai shortcut untuk input kode SPLU. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Saat mendaftarkan barang di SPLU, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor DEPT (Silakan lihat di pemograman SPLU).
  2. Masukkan tombol DEPT yang akan Anda gunakan.
  3. Setelah Anda selesai mendaftarkan barang di SPLU, masuk ke Program Keyboard.
  4. Pilih Tombol DEPT yang ingin Anda gunakan sebagai input kode SPLU. Misalnya tombol [DEPT13].
  5. Terdapat 2 pilihan untuk memasukkan kode, yaitu : 1F dan 2F. Saat pertama kali memasukkan tombol, maka otomatis masuk ke 1F.
  6. Saat di kolom 1F ini, Gunakan tombol [JUMLAH] dan [HARGA] untuk memilih fungsi tombol yang ada di sebelah kanan layar. Pilih DPLU** kemudian tekan tombol [SUBTOT].
  7. Masukkan kode SPLU yang akan dimasukkan. Misal, item barang yang Anda daftarkan di SPLU adalah “Teh Botol” dengan kode 1101. Maka masukkan kode 1101 ke kolom 1F tadi. Kemudian tekan tombol [SUBTOT].
  8. Setelah menekan tombol [SUBTOT], secara otomatis Anda akan diarahkan ke kolom 2F. ulangi langkah 6-7 jika Anda hendak menambah item barang SPLU lagi.
  9. Anda siap menggunakan tombol Dept [DEPT13] sebagai tombol shortcut untuk kode SPLU.

 

Catatan:

Selain menggunakan tombol Dept, sebenarnya Anda juga bisa menggunakan tombol angka dan tombol fungsi yang lain sebagai tombol shortcut untuk SPLU. Tapi, harap diperhatikan bahwa tombol-tombol tersebut sudah memiliki fungsi utama baik sebagai input numerik atau fungsi yang lain. Jika Anda ingin menggunakan tombol-tombol tersebut untuk shortcut kode SPLU, maka disarankan untuk hanya mengedit di kolom 2F saja. Jika secara tidak sengaja Anda menggunakan kolom 1F, maka saat transaksi Anda tidak bisa lagi menggunakan tombol tersebut sesuai fungsi utamanya.