Mengapa Harus Memahami Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Kasir?

Mengapa Harus Memahami Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Kasir?

April 23, 2019 0 By Admin

 

Menjadi seorang kasir di sebuah minimarket atau toko bukanlah hal yang remeh. Bisa dibilang, kasir adalah tokoh utama yang menjalankan berbagai tugas penting dan bertanggung jawab agar semua proses transaksi berjalan lancar. Selain itu, seorang kasir wajib memberikan pelayanan yang memuaskan sehingga customer mau datang kembali ke toko. Oleh sebab itu, orang yang cocok menjadi kasir adalah orang yang berkepribadian baik, ramah, sopan, teliti, tidak ceroboh dan cekatan. Untuk mencari sosok kasir yang tepat dan dapat dipercaya untuk bekerja di toko, maka Anda harus memahami tugas dan tanggung jawab kasir terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa menentukan orang yang sesuai dengan pekerjaan ini.

Tugas kasir

  1. Menangani transaksi penjualan dan memberikan informasi barang

Kasir merupakan orang terdepan yang berurusan langsung dengan customer yang akan membayar barang belanjaan. Yang sangat perlu ditonjolkan oleh kasir adalah sikapnya yang ramah dan sopan. Seorang kasir juga harus cakap berkomunikasi agar suasana tidak terlalu canggung. Misalnya, dengan menginformasikan barang beserta promonya.

  1. Memeriksa barang yang dibeli dan uang dari customer

Setelah scanbarcode pada semua barang belanjaan dengan barcodescanner, pastikan untuk selalu mengecek semua barang yang dibeli tidak ada yang cacat atau rusak. Setelah sudah dicek semua dengan benar, maka masukkan barang ke kantong belanjaan dengan rapi. Cek juga keaslian uang yang diberikan customerdengan money detector yang menghasilkan sinar ultraviolet. Jika ingin lebih praktis, Anda juga bisa memilih mesin kasir Kanalogic KCR-181SW yang telah dilengkapi dengan money detector.

  1. Mencatat transaksi penjualan tiap hari

Setiap ada transaksi penjualan yang masuk, kasir wajib mencatatnya dengan detail agar bisa dijadikan laporan penjualan ke atasan. Untuk cara yang lebih mudah, gunakan software andalan dari Kanalogic KCR-181SW untuk memudahkan input dan melihat laporan. Tersedia juga aplikasi mobile agar atasan bisa melihat laporan melalui smartphone.

  1. Mencatat masuk keluar barang

Pencatatan masuk keluarnya barang juga wajib dicatat dengan rinci. Sebuah toko harus bisa mengontrol persediaan barang agar saat barang tersebut dibutuhkan jumlahnya tidak kurang alias cukup. Dengan mencatat persediaan barang, atasan juga bisa mengetahui stok barang apa saja yang perlu ditambah, barang yang laris dijual, atau barang yang kurang laku di pasaran sehingga atasan bisa mengambil keputusan dengan tepat. Tugas ini bisa dikerjakan dengan cepat menggunakan software tambahan. Namun, kasir tetap harus teliti saat memasukkan data barang.

  1. Memeriksa kedaluwarsa barang seperti makanan, minuman, snack, dll

Hal yang sangat perlu diperhatikan adalah kedaluwarsa yang ada pada makanan, minuman, snack, buah, dan sayuran yang terjual di toko. Pastikan barang-barang itu tidak kedaluwarsa saat dibeli oleh customer atau kedaluwarsanya masih lama. Kalau ada yang sudah habis kedaluwarsanya harus segera dibuang agar tidak merugikancustomer.

Tanggung jawab

  1. Bekerja dengan teliti, jujur, dan cekatan terutama saat menangani transaksi

Karena kasir bekerja dengan banyak pelanggan dan berhubungan dengan uang maka kasir wajib teliti, jujur dan cekatan saat menangani transaksi. Meskipun ada banyak customer yang mengantri harus tetap bersikap tenang saat bekerja agar tidak salah menghitung uang dan memberikan uang kembalian ke customer.

  1. Menyetorkan uang penjualan dan laporan transaksi pada atasan

Kalau ada kesalahan transaksi yang menyebabkan uang di laci kasir berkurang maka kasir wajib menggantinya. Sebaiknya, setiap hari saat akan tutup shift dicek kembali semua transaksi dengan teliti dan bandingkan dengan jumlah uang di laci kasir. Jika sesuai, maka setorkan uang penjualan dan laporan transaksi pada atasan.

  1. Serah terima tugas dengan kasir shiftberikutnya

Kemudian, saat serah terima tugas ke kasir yang bekerja di shift berikutnya wajib menginformasikan detail kalau ada informasi tambahan. Misalnya, ada stok barang masuk atau informasi dari atasan terkait beberapa hal yang perlu diperhatikan lagi saat bekerja sebagai kasir.

Demikianlah tugas dan tanggung jawab seorang kasir yang perlu Anda tahu. Perlu diingat juga untuk memenuhi fasilitas kerja karyawan kasir agar mereka bisa menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik. Contohnya dengan menyediakan PC/laptop, barcode scanner, mesin kasir untuk memperlancar input transaksi penjualan, mesin absensi untuk catat kehadiran karyawan, kemudian CCTV sertaakses kontrol pintu agar toko Anda terasa aman dan nyaman.