Macam – Macam Tipe Barcode Scanner

Maret 13, 2018 1 By Admin

Barcode scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca barcode pada sebuah produk. Dalam perkembangannya kini dikenal setidaknya 5 macam tipe barcode scanner berdasarkan bentuknya.

Dan inilah macam – macam tipe barcode scanner berdasarkan bentuknya:

  • Handheld

Barcode Scanner Handheld

Handheld adalah jenis barcode scanner yang paling umum. Penggunaannya sangat mudah, yakni cukup dengan mengarahkan layar kecil di bagian depan ke arah barcode kemudian tekan trigger (pelatuk/pemicu/tombol). Pada beberapa barcode scanner handheld dirancang khusus tanpa kabel untuk menghindari resiko kabel kusut dan memudahkan mobilitas penggunanya.

Barcode scanner handheld Menghasilkan satu laser sehingga harus benar – benar tepat ketika mengarahkannya pada barcode yang hendak di scan. Untuk sistem operasinya harus dihubungkan pada PC.

  • Omnidirectional

Barcode Scanner Omnidirectional

Omnidirectional didisain dengan posisi duduk sehingga dalam menggunakannya tidak perlu diambil atau diangkat. Cukup lewatkan barcode dihadapannya maka secara otomatis akan langsung terbaca. Menghasilkan banyak sinar laser yang membentuk jaring saling silang sehingga proses pemindaian lebih cepat dan akurat. Untuk sistem operasinya harus dihubungkan pada PC.

  • Mobile Computer

Barcode Scanner Mobile Computer

Jika pada umumnya barcode scanner harus dihubungkan pada PC untuk sistem operasinya, maka berbeda halnya dengan barcode scanner tipe Mobile Computer. Pada tipe ini bisa dikatakan all in one dimana PC dan barcode scanner menjadi satu alat. Dilengkapi dengan internal memori serta media komunikasi seperti Wi-Fi dan jaringan seluler (WAN) sehingga data pun bisa ditransfer ke media lain seperti komputer ataupun smartphone.

Sangat cocok bagi yang memiliki mobilitas tinggi, membutuhkan proses pemindaian yang praktis, cepat, dan akurat. barcode scanner tipe Mobile Computer ini juga menghadirkan beragam pilihan cara pemakaian, mulai dari penggunaan laser seperti pada umumnya, foto barcode, hingga menggesek barcode pada kartu.

Barcode Scanner Wearable

Dalam perkembangannya kini ada juga yang dilengkapi dengan asesoris wearable yang bisa dilekatkan di lengan, tangan, atau jari sehingga lebih praktis.

  • In-counter

Barcode Scanner in-counter

In-counter adalah jenis barcode scanner yang hampir sama dengan Omnidirectional dimana cara penggunaannya cukup lewatkan barcode dihadapannya maka secara otomatis akan langsung terbaca. Namun In-counter ini memiliki ukuran yang lebih besar.

Barcode scanner jenis In-counter pada umumnya dipakai di toko grosir, beberapa swalayan juga menggunankannya, serta terkadang di tempatkan di beberapa sudut toko agar konsumen bisa dengan leluasa mengecek barang yang dipilih.

  • Fixed mount

Barcode Scanner Fixed Mount

Fixed Mount adalah jenis barcode scanner  yang berbeda daripada umumnya. Karena barcode scanner ini didisain khusus untuk memindai atau membaca barcode yang tertera pada kemasan atau produk yang berjalan secara otomatis seperti pada pabrik atau gudang.

Cara penggunaannya cukup dengan menempatkannya pada sudut yang mengarah pada barcode yang tertera pada barang yang sedang berjalan otomatis di atas chain conveyor. Dengan demikian proses pemindaian barcode pada barang berat dan banyak bisa teratasi.

Pilihlah tipe barcode scanner yang sesuai dengan kebutuhan anda. klik kanasecure.com untuk berbagai pilihan tipe barcode scanner untuk menunjang kebutuhan profesional anda.