Kontrol Stok Barang Pada Mesin Kasir KCR-181SW

Kontrol Stok Barang Pada Mesin Kasir KCR-181SW

Februari 27, 2019 0 By Admin

Mesin Kasir KCR-181SW ini dilengkapi dengan fungsi kontrol stok barang. Jika menggunakan fungsi ini, maka Anda bisa memantau stok setiap barang. Dan jika stok barang tersebut mulai menipis, maka mesin kasir akan memberikan peringatan. Untuk menggunakan fungsi ini, berikut langkah-langkahnya:

  1. Barang yang bisa diatur stoknya hanya barang yang didaftarkan dengan menggunakan SPLU.
  2. Tekan [MENU] untuk masuk kedalam menu utama.
  3. Pilih program kemudian tekan [SUBTOT].
  4. Pilih program SPLU kemudian tekan [SUBTOT].
  5. Masukkan kode item barang yang akan diatur stoknya (Jika Anda belum mendaftarkan item barang di SPLU, lihat Input Nama Barang Dengan Program SPLU di hal. 25). Jika sudah, tekan tombol [SUBTOT].
  6. Tekan terus tombol [SUBTOT] hingga ke menu Stok.
  7. Masukkan jumlah stok barang tersebut. Jika sudah tekan tombol [SUBTOT] dan kursor langsung menuju ke Alarm.

Catatan:

Hati-hati dalam memasukkan angka di stok ini. Jika Anda salah dalam memasukkan angka stok, maka Anda tidak bisa merubahnya. Jadi Jika Anda mencoba menulis ulang angkanya di stok, hasilnya malah akan menambah stok. Misal, Anda berniat memasukkan angka stok 21, tetapi Anda keliru ketik menjadi 22. Dan Anda berusaha menggantinya dengan mengetik ulang menjadi 21. Hasilnya bukan menjadi 21 tapi akan menjadi 43. Untuk merubah stok atau mengganti jumlah stok yang salah, lebih baik gunakan software yang disediakan untuk mesin kasir KCR-181SW ini

  1. Masukkan jumlah barang yang Anda tetapkan sebagai stok tipis di menu Alarm

Menu Alarm ini berfungsi untuk memberikan peringatan jika stok barang sudah sampai di batas nilai yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Misalnya Anda menetapkan jumlah stok barang adalah 20 pcs. Dan Anda menginginkan ada peringatan jika stok barang tersisa 5 pcs. Jadi di menu stok isikan 20, dan di menu Alarm isikan 6. Nantinya jika stok barang tinggal 5 pcs, mesin kasir akan memberikan peringatan.

  1. Setelah selesai, keluar dari Program SPLU (Tetap di menu Program).
  2. Pilih Program Fungsi.
  3. Pilih program Fungsi nomor 10.
  4. Fungsi untuk mengaktifkan fungsi stok ada di baris B . Kode seting default pabrik adalah 1000. Karena fungsi stok ada di baris B atau dengan kata lain ada di digit 2 dalam kode seting, maka kita ubah digit 2 tersebut dengan Kode setelah diedit akan menjadi 1100.
  5. Sekarang Anda bisa menggunakan Fungsi perhitungan stok dan alarm peringatan stok pada mesin kasir ini.