Cara Merawat Mesin Kasir Dengan Benar! Pastikan 2 Hal Ini

Cara Merawat Mesin Kasir Dengan Benar! Pastikan 2 Hal Ini

Februari 19, 2021 0 By Admin

Siapa yang tak ingin perangkat atau alat penunjang bisnisnya awet dan bertahan lama? Sekalipun produk yang kita gunakan adalah produk dengan kualitas terbaik, bila tidak dirawat dengan baik, maka jangka waktu pemakaiannya tidak akan optimal. Akan lebih baik bila Anda melakukan perawatan dengan benar, agar alat atau teknologi yang Anda gunakan dapat bertahan lebih lama.

Sebagian besar orang kerap melupakan perawatan terhadap alat kasir atau mesin kasir yang digunakan sebagai alat transaksi. Padahal, mesin kasir merupakan alat bantu yang sangat vital dan dibutuhkan oleh semua sektor atau lini usaha.

Karena itu, bagi para pengusaha yang menggunakan mesin kasir, Anda harus melakukan perawatan yang tepat agar mesin kasir beroperasi dalam jangka waktu yang lebih panjang. Karena merawat inventaris perusahaan atau bisnis Anda, sama dengan sedang melakukan investasi.

Lakukan perawatan yang benar pada mesin kasir Anda, berikut 2 hal penting yang harus diperhatikan dalam merawat mesin kasir:

1. Tegangan:

  • Pastikan kabel listrik menancap secara tepat dan rapat di stop kontak atau socket. Hindari penggunaan stop kontak yang longgar. Sebab stop kontak yang longgar akan berisiko menyebabkan kerusakan power supply mesin kasir.
  • Gunakan tegangan listrik yang stabil agar kerja mesin kasir tetap optimal.

2. Perawatan Fisik:

  • Bersihkan bagian keyboard dengan menggunakan lap kering.
  • Pastikan Anda melakukan perawatan pada bagian luar kasir dengan membersihkannya secara rutin menggunakan lap lembut secara merata.
  • Jangan membersihkan fisik mesin kasir dengan menggunakan air dan cairan alkohol.
  • Pastikan untuk selalu memeriksa keseluruhan dari bagian mesin kasir untuk mengetahui permasalahan yang terjadi. Dengan rutin melakukan pemeriksaan fisik, maka kendala atau masalah pada mesin dapat segera diketahui dan segera dilakukan pembenahan.

Perawatan pada mesin kasir ini harus menjadi perhatian penting bagi pelaku bisnis, karena mesin kasir merupakan salah satu alat bantu bisnis yang membuat jalannya transaksi menjadi lebih praktis. Pastikan Anda sudah melakukan perawatan pada mesin kasir dengan benar, agar bisnis tetap berjalan dengan optimal dan praktis.