Beberapa Komponen Penting yang Terdapat pada Barcode Scanner

Beberapa Komponen Penting yang Terdapat pada Barcode Scanner

Agustus 9, 2018 0 By Admin

Kualitas sebuah barcode scanner bisa dilihat dari bagian – bagian penting yang terdapat pada barcode scanner tersebut. Setiap bagian komponen satu dengan yang lainnya yang tersusun dalam sebuah barcode scanner saling berhubungan dan turut menentukan kualitas keseluruhan suatu alat pemindai kode. Untuk itu, setelah mengetahui beberapa istilah pada barcode scanner, penting pula untuk mengetahui beberapa komponen penting yang terdapat pada barcode scanner.

Berikut komponen penting yang terdapat pada barcode scanner:

Optical Part

optical part

Optical part merupakan salah satu komponen yang selalu ada di dalam alat pemindai kode atau barcode scanner. Jenis bahan yang biasanya dipakai sebagai komponen optik barcode scanner adalah gold, nickel dan silver. Namun jenis gold plated memiliki tingkat sensitifitas yang lebih tinggi dan memiliki masa pakai yang lebih panjang, yaitu mencapai 5 tahun, dimana untuk Top performance bisa mencapai 3 tahun.

Casing

casing

Casing merupakan komponen terluar dari sebuah alat yang bersentuhan langsung dengan berbagai media di sekitarnya. Oleh karena itulah bahan dari komponen yang satu ini biasanya dipilih dengan kualitas ketahanan yang baik. Bahan yang umum digunakan untuk barang – barang elektronik yang berkualitas adalah Plastik ABS + PC. Bahan plastik ABS + PC memiliki keunggulan lebih kuat dan tahan pecah meski terbentur atau terjatuh dari ketinggian tertentu.

Coating

coating

Selain casing, komponen terluar dari sebuah barcode scanner biasanya juga ditambahkan dengan lapisan pelindung atau coating. Lapisan pelindung ini berfungsi untuk meminimalisir kemungkinan casing bersentuhan langsung dengan media luar terutama saat alat terjatuh atau terbentur. Bahan dari komponen pelapis casing ini pada umumnya terbuat dari karet atau yang biasa disebut dengan rubber coating. Dengan lapisan rubber atau bahan karet ini, maka sebuah barcode scanner bisa memiliki ketahanan yang lebih baik meskipun terjatuh dari ketinggian mencapai 1,5 meter. Lapisan rubber coating khususnya pada barcode scanner tipe handheld biasanya penaplikasiannya tidak menyeluruh, yakni hanya di sisi atas dan sisi bawah scanner. Hal ini dikarenakan sisi itulah yang paling besar kemungkinannya untuk berbenturan langsung dengan media lain ketika terjatuh atau terbentur.

Sinar laser

sinar laser

Sinar laser memiliki peranan penting dalam menghasilkan hasil scan yang optimal. Jumlah dan bentuk sinar laser tersebut turut mempengaruhi kemampuan sebuah barcode scanner dalam memindai kode. Jika sinar laser memiliki ukuran yang semakin panjang dengan bentuk yang beraturan, maka barcode scanner dapat membaca banyak posisi barcode.

Motor

motor

Motor atau penggerak pada barcode scanner memiliki kemampuan untuk memproduksi garis dalam jumlah banyak per detiknya. Pada jenis motor tertentu bisa mencapai 1500 lines / detik.

Sensor

sensor

Sensor pada setiap barcode scanner biasanya berbeda – beda, ada yang harus diaktifkan dengan sebuah pemicu, namun ada juga yang dapat secara otomatis aktif ketika ada barcode di hadapannya yang biasa disebut dengan auto induction sensor. Pada scanner dengan auto induction sensor maka secara otomatis laser head akan memancarkan sinarnya untuk membaca barcode yang ada di depannya. Ada beberapa komponen sensor yang dilengkapi kamera sehingga alat tidak membaca titik, tetapi membaca bidang, sehingga masih bisa mengumpulkan informasi dari garis-garis barcode yang rusak sampai tingkat kerusakan mencapai 60% yang sudah sulit sekali dibaca barcode laser.

CPU

CPU

CPU yang terdapat pada sebuah barcode scanner akan mempengaruhi kecepatan proses pemindaian sebuah kode. Semakin tinggi tingkat kecepatan scan perdetik pada sebuah CPU maka semakin cepat pula proses pembacaan sebuah barcode.

Asesoris

asesoris

Asesoris sebenarnya merupakan komponen tambahan yang tidak selalu ada pada sebuah barcode scanner. Namun keberadaannya menjadi cukup penting ketika faktor kenyamanan dan nilai estetika menjadi pertimbangan dalam memilih sebuah barcode scanner. Misalnya saja asesoris dalam bentuk stand atau dudukan yang bermanfaat untuk memberi kesan ringkas pada peletakan barcode scanner.

Itulah beberapa komponen penting yang terdapat pada barcode scanner. Semoga informasinya bermanfaat.