Beberapa Istilah Umum pada Akses Kontrol Kanasecure A-1000BLC

Beberapa Istilah Umum pada Akses Kontrol Kanasecure A-1000BLC

Mei 10, 2019 0 By Admin

 

Kehidupan masyarakat yang modern dan dinamis kini semakin membutuhkan sebuah sistem yang mampu memberikan rasa aman, nyaman, dan privasi yang tinggi. Sistem akses kontrol pintu merupakan salah satu hasil kemajuan teknologi yang mampu menjawab tantangan akan kebutuhan masyarakat milenial masa kini. Sebuah sistem akses kontrol pintu pada dasarnya memiliki kemampuan untuk menentukan siapa saja yang boleh memasuki atau keluar dari ruangan, serta dimana, kapan, dan bagaimana cara yang digunakan untuk dapat masuk atau keluar dari sebuah ruangan.

Sistem ini nyatanya mampu memberikan rasa aman, nyaman, dan jaminan privasi yang menjawab kebutuhan masyarakat modern saat ini. Seperti akses kontrol Kanasecure A-1000BLC sebagai kunci pintu digital yang semakin diminati karena kemampuannya dalam memberikan proteksi sekaligus privasi baik untuk penggunaan di perusahaan atau kantor, tempat usaha, dan juga rumah. Agar bisa lebih maksimal dalam menggunakan kunci pintu digital ini, maka alangkah baiknya untuk memahami beberapa istilah umum yang ada pada akses kontrol Kanasecure A-1000BLC ini, antara lain:

  1. Jenis Penggunaan

Hal pertama yang paling mendasar untuk dipahami dengan baik sebelum menggunakan mesin akses kontrol pintu sebagai kunci pintu digital adalah jenis penggunaannya. Hal ini tentu harus disesuaikan denga kebutuhan dan tujuan menggunakan akses kontrol tersebut. Pada akses kontrol Kanasecure A-1000BLC terdapat 3 istilah mode yang dapat dipilih untuk diterapkan pada penggunaannya sehari-hari, yakni Standalone Mode, Reader Mode, dan Controller Mode.

Standalone Mode adalah penggunaan akses kontrol pintu sebagai kunci pintu digital secara langsung tanpa terhubung dengan komputer karena dalam satu mesin akses kontrol pintu ini sudah memiliki sistem RFID, keypad atau pembaca biometrik built-in.

Reader Mode adalah penggunaan akses kontrol pintu sebagai kunci pintu digital dengan tambahan alat verifikasi kartu dan PIN yang membutuhkan koneksi dengan mesin controller sebagai masternya.

Controller Mode adalah penggunaan akses kontrol pintu sebagai master mesin akses kontrol yang butuh untuk dikoneksikan dengan mesin reader.

  1. Media Akses Kartu

Untuk mengakses atau membuka ruangan yang telah diberi mesin akses kontrol sebagai kunci pintu digital, maka ada beberapa media akses yang bisa digunakan, salah satunya adalah Proximity card berupa Kartu RFID.

Proximity card sendiri merupakan perangkat pembaca yang dikodekan sekali dan kemudian digunakan untuk mengirimkan nilai numerik tetap kepada pembaca pada pita frekuensi 125 KHz.

Kartu RFID bisa dipahami juga sebagai Proximity card yang hanya dapat menampung informasi yang sama untuk dibaca berulang-ulang pada Proximity Reader atau alat pembaca kartu.

  1. Fungsi Lain

Selain sebagai kunci pintu digital yang merupakan media pengontrol akses ke sebuah ruangan, akses kontrol Kanasecure A-1000BLC juga dilengkapi dengan berbagai fungsi lain yang sangat bermanfaat untuk melengkapi sistem kemanan ruangan, seperti adanya sensor tamper serta fungsi interlock.

Sensor Tamper atau yang bisa juga disebut sebagai anti tamper ini merupakan salah satu fungsi sebagai anti vandalisme dimana terdapat LDR atau sensor cahaya yang dapat meningkatkan kewaspadaan saat terjadi perusakan yang disengaja pada mesin akses kontrol. Seperti ketika braket dilepas paksa, maka akan memicu alarm

Interlock merupakan fungsi lain yang juga dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan penggunaan mesin akses kontrol Kanasecure A-1000BLC, yaitu memungkinkan akses 2 pintu yang berbeda dengan syarat untuk dapat membuka pintu yang satu maka pintu satunya lagi harus dalam kondisi tertutup. Fungsi ini sangat cocok digunakan sebagai kunci pintu digital dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Itulah beberapa istilah umum pada akses kontrol Kanasecure A-1000BLC. Dengan memahami istilah-istilah umum pada kunci pintu digital tersebut semoga Anda dapat memanfaatkan akses kontrol sebagai kunci pintu digital modern dengan se-maksimal mungkin untuk kepentingan di rumah maupun perusahaan.