Apakah Virus Covid-19 Punya Dampak Negatif dan Positif?

Apakah Virus Covid-19 Punya Dampak Negatif dan Positif?

April 3, 2020 0 By Admin

Kita semua pasti berpendapat bahwa virus Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) adalah bencana bagi kita semua. Terlebih lagi jumlah kasus positif virus Covid-19 terus bertambah setiap harinya. Lalu apakah memang benar kalau virus Covid-19 hanya memberikan kerugian saja?

Ternyata virus Covid-19 membawa dampak negatif dan positif tentunya bagi kita. Simak di bawah ini berbagai dampak negatif dan positif dari virus Covid-19:

Dampak negatif:

  1. Panic buying

Panic buying menjadi tren akibat wabah virus Covid-19 dimana masyarakat membeli dan menimbun barang secara berlebihan. Tentunya, tindakan ini sangat merugikan orang lain. Mulai dari sekarang kita jangan menimbun barang secara berlebihan, dan utamakan berbagi kebutuhan dengan yang lainnya.

  1. Meremehkan social distancing

Pemerintah gencar mensosialisasikan gerakan social distancing atau pembatasan sosial. Melalui social distancing pemerintah berharap agar kita dapat menjaga jarak kurang lebih 1 meter. Namun, sampai saat ini masih banyak diantara kita yang tetap berkumpul dengan jarak yang dekat. Tentunya hal ini merupakan suatu tindakan yang bisa mempermudah persebaran virus Covid-19.

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengubah social distancing menjadi physical distancing yang menganjurkan untuk membatasi kontak fisik bukan kontak sosial.

Lantas apa saja dampak positif dari virus Covid-19?

  1. Udara lebih bersih

Berbagai cara dilakukan untuk mencegah persebaran virus Covid-19, seperti work from home, stay at home, dan belajar dari rumah. Seluruh aktivitas yang biasanya kita lakukan di luar rumah, kini harus dilakukan di dalam rumah. Hal ini tentunya, mengurangi efek gas buang dari kendaraan. Dilansir dari Science Alert bulan Maret – April 2020 ini sudah terjadi penurunan polusi di bumi.

  1. Mendekatkan keluarga

Anjuran melakukan aktivitas di dalam rumah untuk mencegah persebaran virus Covid-19 tentunya bisa mendekatkan hubungan keluarga. Seluruh anggota keluarga akan berada di dalam rumah, sehingga meningkatkan interaksi antar anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya, meskipun melakukan aktivitas work from home atau belajar dari rumah.

  1. Mulai menjaga kebersihan

Virus Covid-19 dapat ditularkan melalui kontak fisik sehingga pemerintah selalu menganjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hal ini tentunya membuat kita terbiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah batuk atau bersin.

Karena itu, kita harus tetap melihat suatu keadaan dari sisi positif dan negatif agar kita semua bersatu untuk mencegah persebaran virus Covid-19.