6 Peluang Bisnis Di Era New Normal yang Bisa Menguntungkan

6 Peluang Bisnis Di Era New Normal yang Bisa Menguntungkan

Juni 29, 2020 0 By Admin Blog

Pemberlakuan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar hingga lebih dari satu bulan pastinya berdampak bagi perekonomian. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk membuat kebijakan baru yaitu New Normal atau normal baru. Kalau begitu, apa itu normal baru? Normal baru adalah tatanan hidup baru yang memperbolehkan masyarakat beraktivitas seperti biasa dengan mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, mengenakan masker, dan menjaga jarak.

Dengan berlakunya new normal pemerintah berharap agar perekonomian dapat segera membaik. Tapi, bagaimana jika sebagian dari masyarakat masih mengalami dampak perekonomian akibat pandemi Covid-19 dan ingin membuka bisnis atau usaha demi mencukupi kebutuhan sehari-hari?

Simak 6 peluang bisnis di bawah ini yang tentunya mudah untuk di terapkan dan menguntungkan meski di era new normal:

  1. Makanan Beku (Frozen) atau minuman herbal. Berada di rumah dalam waktu yang lama tentu menimbulkan kekhawatiran saat keluar rumah di era new normal. Banyak orang tentu akan memilih untuk membeli makanan yang bisa tahan lama atau minuman herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh. Anda bisa melakukan pemasaran produk makanan beku atau minuman herbal yang telah dibuat dengan memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan pemasaran produk Anda.
  1. Katering Makanan Sehat. Membeli makanan di tempat saat diberlakukan new normal masih menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi masyarakat. Sehingga sebagian orang akan memilih untuk memasak sendiri atau membeli makanan dan di makan di rumah. Akan tetapi kalau dengan menu yang sama setiap harinya akan menimbulkan kejenuhan tersendiri. Oleh karena itu, dengan membuka usaha katering makanan sehat seperti makanan dengan protein dan vitamin yang tinggi dapat menarik perhatian masyarakat.
  1. Mengadakan Pelatihan Online. Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda seperti keahlian dalam olahraga, masak, atau menjahit untuk digunakan dalam pelatihan online. Dengan memanfaatkan media sosial Anda bisa membagi aktivitas Anda kepada orang lain. Anda bisa memberikan berbagai edukasi seputar bidang yang Anda kuasai.
  2. Layanan Pariwisata Virtual. Saat new normal diberlakukan tidak banyak tempat pariwisata yang dibuka kembali oleh pemerintah. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan tur atau berwisata secara virtual kepada masyarakat. Anda bisa mengunggah atau melakukan live streaming area di sekitar lokasi wisata untuk memanjakan mata konsumen. Dengan adanya layanan pariwisata secara virtual dapat menimbulkan kesan berbeda bagi para pengunjung.
  1. Masker Kain dengan Motif Unik. Anjuran pemerintah yang mengharuskan untuk menggunakan masker saat berada di luar, masih sering kali diabaikan oleh masyarakat. Berbagai alasan diutarakan seperti sesak saat menggunakan masker atau motif masker yang tidak menarik. Anda bisa memanfaatkan peluang dengan membuat masker kain dengan motif unik. Motif unik seperti gambar mulut atau dengan motif tradisional, tentunya dapat menarik konsumen.
  2. Alat Sanitasi dan Perlindungan Diri. Selain masker kain dengan motif unik, Anda bisa berbisnis alat sanitasi seperti sabun cuci tangan, ember dengan kran, atau alat perlindungan diri seperti face shield. Oleh karena itu, Anda bisa mengemas alat sanitasi secara unik dan berbeda. Anda bisa menghias ember dengan kran untuk cuci tangan dengan beraneka motif atau face shield dengan model yang unik tentunya. Dengan adanya motif yang berbeda dari biasanya hal ini dapat meningkatkan aktivitas penjualan atau kesadaran masyarakat untuk senantiasa patuh terhadap protokol kesehatan.

Cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Anda bisa memanfaatkan media sosial atau ecommerce yang bisa Anda gunakan. Selain itu, Anda bisa membuat laporan penjualan untuk memastikan usaha Anda berhasil dilakukan dan barcode scanner untuk memudahkan aktivitas penjualan Anda.