5 Hal Ini Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Barcode Scanner

5 Hal Ini Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Barcode Scanner

Februari 17, 2020 0 By Admin

Anda sedang berencana membeli barcode scanner untuk melengkapi kebutuhan usaha?
Jangan sampai Anda datang ke toko dengan keadaan masih bingung memilih, dan pada akhirnya Anda salah pilih produk.
Apa pun jenis usaha yang Anda jalankan, pastinya harus memilih barcode scanner yang tepat untuk membantu mengelola stok atau data barang dengan benar.

Di pasaran Anda pasti akan menemui bermacam barcode scanner.
Jadi, daripada Anda bingung menentukan barcode scanner yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Maka pertimbangkan 6 hal ini, agar Anda bisa menentukan barcode scanner yang tepat:

1. Jenis barcode yang akan dibaca

Pastikan terlebih dahulu jenis barcode yang akan Anda gunakan dalam bisnis. Pada umumnya, barcode terbagi menjadi 2 jenis, yakni 1D & 2D.

Pastikan barcode scanner yang dipilih bisa membaca jenis barcode yang berhubungan dengan bisnis Anda.

2. Luas tempat usaha

Apakah barang yang akan didata oleh barcode scanner memiliki jumlah besar dan tersebar di lokasi yang cukup luas? Seperti pergudangan, retail besar, dan sebagainya.

Jika iya, maka Anda perlu menggunakan jenis  barcode scanner WIFI  untuk memperlancar proses pendataan. Sebab, barcode scanner ini cocok untuk mendata barcode di tempat luas tanpa gangguan kabel.

Namun, jika lokasi barang yang Anda data tidak terlalu luas. Maka barcode scanner dengan kabel masih bisa Anda pertimbangkan.

3. Media barcode

Tahukah Anda? Tidak semua barcode scanner memiliki kemampuan membaca jenis barcode di berbagai media. Media yang dimaksud seperti: kertas, plastik hingga layar LCD.

Jika jenis usaha Anda membutuhkan pembacaan barcode di berbagai media. Maka Anda perlu membeli barcode scanner yang dapat membaca di berbagai media.

4. Perhatikan uji ketahanan

Jika Anda pernah mendengar istilah drop test pada  barcode scanner, maka hal ini menunjukkan ketahanannya. Misal, keterangan drop test = 1,5 m. Maka hal tersebut menandakan mesin barcode scanner memiliki daya tahan yang baik meski jatuh dari ketinggian 1,5 meter dan tidak menghilangkan fungsinya.

Dengan ini, Anda bisa memperhatikan lingkungan kerja yang berhubungan dengan barcode scanner. Seberapa besar risiko terjatuhnya barcode scanner dari ketinggian lokasi kerja. Hal ini, tentu akan berkaitan dengan investasi jangka panjang peralatan bisnis Anda.

5. Garansi resmi

Hal ini penting untuk diperhatikan, sebab berbagai hal yang mungkin saja terjadi secara tidak terduga bisa ditangani jika barcode scanner memiliki garansi resmi. Karena itu, Anda perlu memastikan legalitas dan garansi resmi yang disediakan oleh penyedia barcode scanner.

Selain untuk urusan investasi jangka panjang, garansi resmi dapat menjadi solusi atas permasalahan barcode scanner Anda.

 

Jika Anda ingin mendapatkan barcode scanner terbaik, maka 6 hal di atas harus Anda pertimbangkan sebelum mendatangi toko atau dealer penyedia barcode scanner. Selanjutnya, jangan lupa untuk menggunakan dan merawat barcode scanner dengan baik untuk penggunaan yang maksimal.