5 Cara Aman Mengatasi Kebocoran Tabung Gas

5 Cara Aman Mengatasi Kebocoran Tabung Gas

Januari 28, 2021 0 By Admin

Tabung gas saat ini sudah menjadi alat penting di dapur, dimana semua urusan masak memasak akan lebih mudah dengan menggunakan tabung gas. Inovasi ini tentunya mempermudah aktivitas, namun masih ada risiko yang menghantui. Selain risiko dari kesalahan manusia/pengguna (human error), ada pula risiko yang mungkin saja terjadi atas kesalahan bawaan seperti kebocoran tabung gas yang tak terduga.

Banyak dari pengguna takut dan panik bila terjadi kebocoran gas. Bahkan ada beberapa kasus yang menyebabkan kecelakaan besar sehingga merugikan baik secara materi dan jasmani. Bahkan banyak pemberitaan terkait kasus kebocoran gas yang membuat penghuni rumah meninggal atau mengalami kerugian besar akibat kebakaran yang terjadi.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kebocoran tabung gas? Setidaknya ada 5 cara aman untuk mengatasi kebocoran tabung gas, berikut tipsnya:

1. Segera lepas regulator dari tabung gas.
Cara pertama yang paling aman adalah segera melepas regulator gas. Sebab, permasalahan umum kebocoran gas terbesar biasanya bermula dari regulator yang bermasalah seperti ketepatan memasang hingga kualitas regulator itu sendiri.

Selain itu, melepas selang regulator akan menghindari pengeluaran gas yang berlebihan. Dimana gas yang semakin banyak keluar ini berisiko besar memicu terjadinya kebakaran bila berada di ruangan tertutup dan ditambah percikan api.

2. Hindari kontak listrik dan api
Ketika terjadi kebocoran tabung gas, maka segera jauhkan sumber kebocoran dengan listrik atau benda-benda yang berpotensi menghasilkan api. Akan lebih aman bila Anda memastikan seluruh aliran listrik di sekitar listrik dalam keadaan padam dan aman dari sumber api.

3. Gunakan kain basah
Anda dapat menutup tabung gas dengan kain basah menghindari percikan api yang muncul di tabung has dan menghindari terjadinya ledakan. Bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tiba-tiba muncul percikan api, maka kain basah akan mempermudah pencegahan risiko terjadinya kebakaran.

4. Letakkan tabung ke tempat terbuka
Mengapa ventilasi dapur atau tempat yang memiliki tabung gas harus baik? Alasannya tentu untuk menghindari keracunan gas. Karena gas yang ke luar dari tabung akan berbahaya bila terus menerus ke luar dalam satu tempat.  Selain berbahaya besar memicu kebakaran, gas yang mengumpul akan berpotensi membahayakan kesehatan karena berpotensi meracuni.

5. Pasang Smart Alarm
Bila cara manual masih membuat Anda khawatir dan ragu, baiknya Anda memasang smart alarm untuk mengetahui terjadinya kebocoran gas. Mengetahui indikasi kebocoran gas sejak dini sehingga tindakan pencegahan dapat dilakukan serta membuat Anda lebih aman.

Banyak orang tak segera menyadari kebocoran gas di dalamnya. Karena itu, banyak orang memilih smart alarm untuk membantu mereka mendeteksi kebocoran gas secara dini.

Tak hanya kebocoran gas, menggunakan smart alarm akan membantu Anda meminimalisir risiko kerugian yang bisa terjadi oleh banyak hal.

Dengan 5 cara di atas, Anda bisa menanggulangi kebocoran tabung gas dengan cepat dan aman. Mulai sekarang Anda tak perlu panik atau khawatir akan kebocoran gas yang menghantui aktivitas Anda. Bagikan informasi ini kepada orang di rumah atau orang yang berjaga di rumah. Bagaimanapun, risiko akan kebocoran gas ini bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Bila Anda bisa melakukan penanganan dengan baik, maka risiko besar yang merugikan secara materi, bahkan hingga menghilangkan nyawa seseorang bisa terhindari.