4 Hal Ini Sering Diabaikan Saat Memulai Usaha Baru di Era New Normal

4 Hal Ini Sering Diabaikan Saat Memulai Usaha Baru di Era New Normal

September 24, 2020 0 By Admin

Apakah Anda salah satu yang ingin membuka usaha di tengah situasi Pandemi Covid-19 ini? Mungkin bayang-bayang risiko kebangkrutan masih menghantui Anda. Mengingat berbagai usaha dinilai lesu saat pandemi ini berlangsung.

Bukan rahasia umum, bila membuka usaha di masa pandemi adalah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Mengingat tingkat konsumsi masyarakat yang cenderung berubah-ubah bahkan cenderung menurun karena kondisi ekonomi yang sulit.

Namun, tak masalah bila Anda ingin mencoba peruntungan membuka usaha di tengah situasi pandemi ini. Tentu saja untuk melanjutkan hidup dan memperbaiki roda perekonomian Anda.

Perhatikan strategi dan peluang usaha yang cocok dijalankan di saat new normal  ini.

Sebelumnya, mematangkan strategi dalam membuka usaha baru di era new normal ada hal-hal yang patut Anda pertimbangkan. Ada 4 hal yang biasanya diabaikan pelaku usaha baru saat membuka usahanya di era new normal berikut:

1. Jual produk yang dibutuhkan masyarakat
Dibandingkan Anda sibuk melakukan inovasi produk yang justru susah diupayakan di situasi saat ini, sebaiknya Anda memperhatikan kebutuhan masyarakat. Dalam situasi serba sulit dan terbatas ini, masyarakat akan menahan daya konsumsinya untuk benda yang tidak dibutuhkan.

Karena  itu pastikan Anda menjual suatu produk yang dibutuhkan masyarakat di era new normal ini. Masyarakat saat ini lebih banyak memilih untuk membeli produk berdasarkan prioritas seperti: masker, alat pelindung diri, sabun, hingga makanan dan minuman.
Daya jual akan lebih mudah dan tinggi, bila produk yang Anda jual adalah hal yang menjadi kebutuhan. Selain pangsa pasar yang mudah dijangkau, ritme penjualan juga lebih cepat, dampaknya pun baik untuk perputaran roda bisnis.

2. Pastikan produk yang dijual unik

Setelah memastikan produk Anda dibutuhkan oleh masyarakat di era new normal, maka hal selanjutnya yang patut diperhatikan adalah nilai unik, efisien, dan berkualitas. Hal ini sering diabaikan oleh pelaku usaha baru.

Sebagian besar orang, ingin segera mengembalikan modal usaha agar bisa mendapatkan keuntungan. Bila Anda mengabaikan keunikan suatu produk, maka tenaga yang Anda keluarkan untuk berjualan akan lebih besar.

Jadi, pastikan ada keunikan dalam usaha atau produk Anda. Misal: inovasi penggunaan masker dengan karakter unik, sabun cuci tangan dengan aroma yang berbeda dari umumnya, atau makanan cepat saji yang memiliki cita rasa dan penyajian berbeda.

3. Akurat dalam perhitungan

Terkadang kita sebagai pelaku usaha tidak sadar bahwa uang yang kita gunakan sebagai modal lebih besar dibandingkan dari keuntungan yang kita peroleh. Oleh karena itu dengan menggunakan laporan penjualan, maka kita bisa melakukan pendataan dan siklus pendapatan menjadi lebih jelas.

Karena itu, banyak yang memanfaatkan teknologi untuk menunjang hal ini.

Pelaku usaha baru kerap mengabaikan hal ini, padahal perpaduan teknologi untuk akurasi data adalah hal yang penting. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah Mesin Kasir Kanalogic KCR-181SW, kamu dapat memantau hasil penjualan hanya melalui ponsel dengan berbagai keuntungan lainnya.

4. Hindari membohongi konsumen

Siapa yang tak ingin memberikan penjelasan menggiurkan tentang produknya kepada konsumen? Setiap penjual pasti ingin konsumennya percaya, bahwa produk yang dijual adalah produk terbaik dengan berbagai keunggulan.

Namun, hal yang perlu diingatkan dan justru kerap diabaikan adalah prinsip kebenaran. Hindari membohongi konsumen!

Tindakan membohongi konsumen seperti: melebih – lebihkan produk yang dijual dapat mengakibatkan hilangnya kepercayaan konsumen terhadap masyarakat. Oleh karena itu sebisa mungkin menjual produk sesuai dengan fakta yang ada.
Dari fakta produk atau jasa yang Anda tawarkan, olah penyampaian pesan ke konsumen dengan lebih menarik tanpa memberikan harapan yang berlebihan.

Apakah Anda tetap ingin membuka usaha baru di era new normal? Pastikan Anda tidak mengabaikan 4 hal di atas!