4 Fakta Bahwa Barcode Scanner Sangat Dibutuhkan Pengusaha

4 Fakta Bahwa Barcode Scanner Sangat Dibutuhkan Pengusaha

November 25, 2020 0 By Admin

Sebagian besar masyarakat mengetahui bahwa barcode scanner merupakan alat bisnis yang efektif dalam proses transaksi suatu usaha. Setiap pengusaha, harusnya mengetahui bahwa barcode scanner memiliki peran penting bagi keberlangsungan usahanya.  Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini harus benar-benar memahami peluang bisnis dan alat penunjang untuk kelancaran bisnis.

Memang ada beberapa industri yang sangat membutuhkan barcode scanner, bahkan beberapa pelaku usaha justru tak menyadari bahwa bidang usaha mereka sangat membutuhkan alat mungil dengan sejuta manfaat ini.

Karena itu, bagi Anda para pelaku usaha baiknya segera melengkapi alat transaksi dalam bisnis Anda dengan barcode scanner. Inilah 4 fakta, mengapa barcode scanner sangat dibutuhkan para pengusaha:

1. Hemat waktu & minimalisir kesalahan input data
Mencatat stok barang atau persediaan barang adalah kegiatan penting dalam suatu usaha. Bila Anda melakukannya secara manual, maka akan ada banyak kendala yang menghampiri. Diantaranya:

  • Membutuhkan waktu lebih lama (karena harus melakukan koreksi ulang dan hati-hati dalam melakukan entry data). Bila menggunakan barcode scanner, maka Anda akan menghemat waktu karena proses input data didukung teknologi.
  • Risiko human error atau kesalahan input data akan sangat besar terjadi, bila pencatatan dilakukan oleh manusia. Namun, bila menggunakan barcode scanner, maka tingkat akurasinya lebih terpercaya.

2. Memantau persediaan barang
Bagaimana cara Anda melakukan pemantauan stok barang? Bila secara manual, tentu Anda harus memantaunya secara berkala. Harus rajin melakukan pemeriksaan stok atau sisa barang. Bahkan, bukan hal yang tidak mungkin bila tiba-tiba stok barang habis dan Anda baru mengetahuinya.

Bila menggunakan barcode scanner, data yang tercatat melalui barcode scanner akan tersimpan dengan rapi dalam satu file. Anda pun dapat melakukan sortir untuk barang-barang dalam keadaan stok menipis. Semua serba terorganisir dan mudah dipantau. Tidak ada lagi alasan mendadak kehabisan stok, karena pemantauan bisa dilakukan dengan terorganisir.

3. Mempermudah proses transaksi
Kalau manfaat satu ini, sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Bahkan konsumen atau end user juga turut merasakannya. Bila transaksi yang dilakukan pada konsumen bisa dilakukan dengan cepat, maka konsumen akan merasa dilayani dengan baik. Bila Anda melakukan proses transaksi dengan manual, maka akan ditemui kendala-kendala sebagai berikut:

  • Antrean lama, sebab konsumen harus menunggu kasir atau petugas Anda melakukan rekap manual atas pesanan mereka. Menggunakan barcode scanner, hanya memerlukan waktu untuk scan dan semua transaksi sudah tercatat.
  • Risiko salah hitung, bukan suatu hal yang tidak mungkin bila kasir atau petugas Anda salah menghitung jumlah atau harga yang harus dibayarkan. Sedangkan dengan menggunakan barcode scanner, semua penghitungan menjadi lebih akurat.
  • Mengikuti perkembangan zaman, bila Anda tidak bisa mengikuti metode pembayaran yang semakin canggih dan membutuhkan alat barcode scanner, maka hal ini akan membatasi minat konsumen Anda untuk datang ke tempat usaha Anda. Namun, bila transaksi Anda dapat mendukung berbagai metode yang kini semakin banyak digunakan oleh konsumen, hal ini akan mempermudah Anda meraih minat konsumen.

4. Mempermudah pembaruan informasi produk
Mengetahui tanggal kadaluwarsa, jumlah stok, hingga harga memang tugas para pemilik usaha atau petugas toko. Bayangkan saja! Bila Anda harus melihat satu per satu pada daftar buku Anda, ketika ada konsumen yang menanyakan informasi produk? Tentu saja akan membutuhkan banyak waktu untuk mencari informasi tersebut.

Selain membuang waktu Anda, performa pelayanan pun menjadi terganggu. Karena itu, barcode scanner berguna untuk mengorganisir informasi produk dengan baik. Anda hanya perlu mencari dalam sistem atau file yang sudah dicatat barcode scanner, dan dengan sekejap informasi produk yang konsumen atau Anda butuhkan sudah bisa diketahui.

Karena barcode scanner ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi pengusaha, maka baiknya Anda mempertimbangkannya untuk menggunakannya sebagai pelengkap alat bisnis. Anda bisa menyesuaikan barcode scanner dengan kebutuhan usaha.

Bila mengalami kesulitan dalam memilih barcode scanner, Anda dapat berkonsultasi dengan penyedia produk. Termasuk dalam urusan menentukan jenis barcode scanner yang paling tepat untuk usaha Anda.